22/01/13

Bangkok vs Jakarta

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan sebuah kesempatan untuk mengunjungi Bangkok, Thailand, selama 6 hari. Bangkok merupakan ibukota negara Thailand. Berada di sana selama 6 hari membuat saya banyak berpikir. Banyak mengingat Jakarta, ibukota negara kita, Indonesia. Banyak membanding-bandingkan. Nggak salah, kan?

1) Transportasi
Kalau dilihat jalanannya, jalan raya di sana tidak beda jauh dengan Jakarta. Banyak mobil berseliweran, kadang-kadang macet. Hmm.. frase 'kadang-kadang' rasanya nggak berlaku di Jakarta sih.. lebih tepat kalau diganti 'seringkali'.
Bedanya, di Bangkok sudah ada salah satu solusi untuk masalah transportasi. Di sana ada BTS Skytrain. BTS adalah Bangkok mass Transit System. Kendaraannya berupa kereta yang letaknya di atas jembatan. Jadi, rel keretanya itu ada di atas jembatan. Calon penumpang harus menyiapkan uang koin pecahan 5 dan 10 Baht untuk bisa 'membeli' kartu yang harganya sesuai harga perjalanan. Misalnya kita mau melakukan perjalanan dari stasiun BTS A ke BTS B, dengan harga perjalanan 20 Baht. Melalui mesin, kita masukkan koin sejumlah harga perjalanan dan kita akan mendapatkan kartu tersebut. Kartu ini digunakan untuk bisa masuk ke bagian dalam stasiun dan naik kereta. Untuk bisa keluar, kita juga harus 'menyerahkan' kartu tersebut ke tempat keluar supaya pintunya terbuka.
Selain BTS Skytrain juga ada MRT, yaitu Metropolitan Rapid Transit. Ini juga berupa kereta, tetapi lokasinya di bawah tanah, jadi subway. Cara masuk stasiunnya mirip dengan stasiun BTS. Bedanya, di sini kita bisa menggunakan uang kertas. Bedanya juga, di MRT yang digunakan adalah kepingan token, bukan kartu. Semua pembelian kartu dan token ini dilakukan oleh mesin.
suasana dalam kereta pas lagi kosong

kartu BTS

kartu BTS


Armada kereta-kereta ini banyak. Kita hanya perlu menunggu sekitar 5 menit, kereta akan datang. Jarak antar stasiun juga ditempuh dalam waktu singkat, tidak sampai 2 menit. Di dalam kereta juga kondisinya sangat nyaman. Biarpun tempat duduk penuh, penumpang yang harus berdiri juga merasa nyaman.
Kalau dibandingkan dengan kereta di Jakarta, tentu berbeda. Tidak ada pedagang yang berjualan di dalam kereta, tidak ada penumpang lain yang mencurigakan sebagai pelaku kejahatan, keretanya dilengkapi dengan AC, lokasi kereta saat itu selalu diberitahu melalui monitor di setiap gerbong. Penumpang yang tidak familiar dengan Bangkok tidak akan kehilangan arah.
Selain itu, di sini juga ada perahu yang digunakan sebagai sarana transportasi melintasi sungai Chao Praya. Perahunya berbeda-beda tarif dan stasiun berhentinya, jadi berhati-hatilah kalau naik perahu. Nah, sayangnya armada perahu ini masih sedikit sehingga penumpangnya penuh sesak dan mengurangi kenyamanan.

dari dalam perahu

2) Makanan
Nah, inilah yang membuat kami orang Indonesia khawatir. Saya dan teman-teman semuanya muslim, sedangkan muslim merupakan minoritas di Bangkok. Sebagian besar toko makanan yang kami hampiri menyediakan menu babi (sorry..). Susah banget menemukan makanan halal di sini. Selain itu, banyak juga pedagang makanan yang tidak mengerti bahasa Inggris. Nah, bahasa Thai untuk 'babi' adalah 'mu'. Jadi yang bisa kita lakukan adalah menunjuk-nunjuk makanan dan bertanya, "mu?" sambil menunggu apakah pedagangnya mengangguk atau menggeleng.

3) Antirasisme
Di sini, turis-turis tidak akan merasa sendirian sebagai orang asing. Selain penduduk asli Thailand, di sini dengan mudah kita menemukan orang bule. Bule yang kebarat-baratan maksudnya, entah Eropa/Amerika/Australia. Mereka tak hanya sebagai turis di Bangkok, tetapi juga banyak yang sudah menetap dan bekerja di sana. Populasi dari area India dan Cina juga mudah ditemukan di sini. Mereka terlihat nyaman berada di Thailand, artinya tampaknya tidak ada diskriminasi dari 'penduduk pribumi'. Terdengar familiar ya, istilah itu? Miris rasanya membandingkan itu dengan Jakarta, Indonesia.
 

Designed by Simply Fabulous Blogger Templates \ Provided By Free Website Templates | Freethemes4all.com

Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates