10/11/12

Nyasar ke Semarang

Ini ada beberapa tempat wisata yang sempat saya ambil gambarnya saat mampir ke sana. Mungkin bisa jadi referensi buat yang mau jalan-jalan ke Semarang. :D


Lawang Sewu
Siapa yang belum pernah dengar Lawang Sewu? Sepertinya inilah wisata di Semarang yang paling tersohor. Tersohor, dalam hal mistisnya. Sebenarnya apa sih Lawang Sewu itu?
Dari asal katanya, Lawang Sewu berarti seribu pintu. Eh, apa pintu seribu ya? Hmm..pokoknya itu menunjukkan banyaknya pintu yang ada di gedung ini.
Gedung ini sebenarnya awalnya merupakan kantor pusat kereta api pada zaman penjajahan. Yang bekerja di sini adalah para orang Belanda.
Yang istimewa di gedung ini adalah sistem ventilasinya yang bagus. Banyak pintu memungkinkan udara mengalir ke seluruh ruangan. Ruangannya tinggi-tinggi. Ada loteng besar yang juga mendukung aliran angin. Selain itu, di ruang bawah tanahnya, senantiasa ada air yang mengalir di lantai. Jadi ruang bawah tanah juga turut mendukung nyamannya suhu dan kelembaban udara di gedung bagian atas.
Nah, di ruang bawah tanahnya, digunakan oleh para penjajah sebagai penjara bagi rakyat Indonesia dahulu. Ada penjara jongkok, yang berukuran sekitar 2x2 meter (lupa) dengan tinggi kurang dari 1 meter lupa persisnya) yang harus diisi oleh 5 orang. Ada penjara berdiri, kira-kira 1x1 meter (lupa juga) yang harus diisi 5 orang. Wilayah penjara bawah tanah inilah yang suasananya lebih menyeramkan. Di ruang bawah tanahnya juga ada tempat penjagalan. Makanya jadi lebih menyeramkan, bukan cuma karena pencahayaannya yang kurang.
Sebenarnya, oleh pengelola, Lawang Sewu dibuat menjadi wisata museum kereta api, bukan menjual kemistisannya. Tapi tetap saja banyak orang yang datang untuk 'wisata mistis'nya. Di sini ada tour guide yang udah oke banget. Dia tau spot-spot foto yang bagus, jadi bisa bantu wisatawan mengambil gambar. Hehehe.


Gereja Blendug














Bangunan di belakang gereja Blendug














Masjid Agung Jawa Tengah
Lokasinya agak masuk-masuk lewat jalan-jalan kecil. Maksudnya, lokasinya memang bukan di pingir jalan besar. Masjidnya...keren! Di pelataran masjidnya ada payung-payung raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi. Payung-payung raksasa yang bisa dibuka sehingga jadi sebuah atap. Aduh pokoknya masjidnya bagus banget deh. Jadi pingin ke sana lagi.
Ada menara setinggi 20 lantai (kalau gak salah). Di menara itu ada museum perjalanan Islam di Indonesia, ada perpustakaan, ada restoran berputar (lantainya bisa berputar 360 derajat pada jam-jam tertentu, jadi bisa melihat pemandangan di sekeliling masjid), ada juga teropong pandang di lantai paling atas. Katanya, di lantai paling atas ini, teropong pandang juga dipakai untuk melihat hilal (lagi-lagi kalau gak salah). Nah, teropong pandang itu boleh digunakan oleh para pengunjung untuk melihat pemandangan di sekeliling lokasi masjid. Dengan fokus dan arah yang benar, benda-benda di sekeliling lokasi masjid bisa terlihat dengan sangat jelas. Nah, kalau berkunjung pada saat malam hari, melalui mata telanjang pun kita bisa menikmati pemandangan sekitar, yaitu lampu-lampu yang menyala di sekeliling yang tampak seperti bintang-bintang.







Klenteng Tay Tak Sie
Lokasinya di Jl. Lombok, dekat dengan China Town-nya Semarang. Di depan klenteng ini, setiap jam tertentu setiap harinya, ada pertunjukan panggung boneka. Sayangnya, pengunjung yang datang menonton panggung boneka ini sedikit. Mungkin karena waktu itu juga bukan musim liburan kali ya. Meskipun demikian, penyelenggara tetap melaksanakan panggung boneka ini sesuai waktunya, lho.


Lunpia Semarang
Salah satu toko lunpia yang laris di Semarang ada di Jl. Lombok itu, dekat dengan klenteng Tay Tak Sie. Bukanya pagi, sekitar pukul 07.30 (kalau nggak salah) dan sudah ramai. Harga perporsinya Rp 10.000.


Ini pemandangan di depan toko lunpia itu:
Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng ini ukurannya besar. Klentengnya difungsikan untuk wisata dan juga untuk ibadah. Pintu masuknya berbeda. Klenteng Sam Poo Kong ini isinya ada banyak klenteng, saya juga kurang paham apa bedanya. Klentengnya bagus, terawat, rapi. Ini foto-fotonya:

















Pingin lihat lebih banyak lagi? Datang aja langsung ke Semarang. Hehehe..
 

Designed by Simply Fabulous Blogger Templates \ Provided By Free Website Templates | Freethemes4all.com

Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates