01/07/12

Pemandangan Jakarta yang penuh arti


Katanya, sebuah gambar itu lebih berarti daripada seribu kata. Dari foto ini, saya mau coba menunjukkan arti-arti yang saya bisa saya sampaikan.
 

1. Sebenarnya, bila daun-daun tanaman itu disingkap, akan tampak genteng-genteng rumah penduduk. Akan tampak pemukiman padat di satu sudut kota Jakarta. Padat, sangaaat padat. Sepertinya dua rumah itu menempel, saking sempitnya jarak antara dua rumah.


2. Jarak antar dua rumah saja sangaaat sempit. Padahal di situ ada banyak rumah penduduk. Kanan, kiri, depan, belakang, semua jaraknya sempit. Sepertinya punya sebuah jendela saja sudah alhamdulillah. Bagaimana mau tercipta ventilasi yang baik? Bagaimana caranya cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah? Pantas saja penularan penyakit yang lewat udara sangat mudah terjadi.


3. Ada berapa populasi warga di area ini? Dari mana mereka berasal? Bagaimana caranya mereka sampai ke Jakarta? Apakah semuanya memiliki pekerjaan? Apakah kesejahteraan mereka terjamin?


4. Coba lihat gedung-gedung bertingkat di sana. Gedung-gedung itu kelihatannya menawarkan kenyamanan, kesejahteraan, kemakmuran. Tapi sayang, semua itu sepertinya sulit dicapai oleh penduduk pemukiman padat ini. Sepertinya di sini, yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Bahkan pemukiman padat ini tampak seperti 'dikepung' oleh gedung-gedung bertingkat itu.


5. Foto ini diambil dari atas sebuah jembatan layang di siang hari, dan sebenarnya dari dalam sebuah kendaraan beroda empat, dalam sebuah kebetulan. Apa artinya? Kan aneh rasanya bila sebuah mobil tidak sengaja berhenti di atas sebuah jembatan layang, kecuali mogok atau... macet. Ya, macet yang benar. Inilah macetnya Jakarta, sampai penumpang kendaraan beroda empat sampai bisa memperhatikan kondisi di sebelahnya dan memotret suasana tersebut.


6. Siapa sih yang ambil foto ini? Kok jelek banget.. Pasti nggak profesional deh. :p


Wah, udah seribu kata belum ya? Coba, ada yang bisa bantu menambahkan? ;)
 

Designed by Simply Fabulous Blogger Templates \ Provided By Free Website Templates | Freethemes4all.com

Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates