22/05/12

Makanan Khas Cirebon: empal gentong dan nasi jamblang


Adalah empal gentong, yang pertama kali saya dengar sebagai makanan khas Cirebon. Empal gentong? Apaan ya itu? Yang saya tahu (sebagai orang Betawi), empal itu daging yang digoreng kering, biasanya dimakan pake cocolan sambel atawa kecap pedes. Enak, bener!
Nah, kalo empal gentong ni apaan?
Berhubung teman-teman yang sama-sama internship di sini kebanyakan bukan orang Cirebon, jadi nggak ada yang tahu juga. Jadi kami sama-sama menerka apaan nih wujudnya si empal gentong. Empal yang disajiin di gentong? Empal yang dimasaknya pake gentong? Bahkan saya sempat berpikir, “Hmm..gentong? Emang apa bedanya sih empal yang dimasak di gentong sama yang dimasak di penggorengan biasa? Gentong kan biasanya dari tanah liat, ya?” Akhirnya saya pun nyeletuk, “Ooh, mungkin empalnya ada rasa tanah liatnya kali..?” Sontak semua orang tertawa. Hahaha..yaiyalah ketawa, masa ada rasa tanah liatnya. Siapa yang mau makan?
Demi menghilangkan rasa penasaran, akhirnya kami mampir ke sebuah rumah makan yang menyediakan empal gentong di salah satu menunya. Daan.. ternyata oh ternyata, empal gentong tu mirip soto daging! Jadi si empalnya ini berkuah – kuah santan – jadi mirip soto daging, disajiinnya di mangkok, dan sama sekali gak ada rasa tanah liatnya. Hehehe :D. Salah semua deh, hipotesisnya.
Oh iya, satu lagi, empal gentong ini punya teman sepermainan. Namanya empal asem. Nah, apa lagi tuh empal asem? Katanya sih kuahnya nggak pake santan. Jadi, yaa..kira-kira mirip sop daging kali ya? *sotoy*

Kalo tadi empal gentong bisa ditebak-tebak karena masing-masing katanya diketahui artinya, beda lagi dengan nasi jamblang. Nasi emang sudah dikenal, sangat malah. Tapi, jamblang? Jamblang tu apa ya? Ada yang nyeletuk kalau jamblang itu adalah nama pohon. Kami yang lain nggak tau apa maknanya jamblang di nasi jamblang. Nah, tanpa menebak-nebak lebih lanjut, kami sama-sama pergi ke tempat yang jualan nasi jamblang.
Nasi jamblang itu ternyata adalah nasi yang dimakan dengan alas sehelai daun jati. Porsi nasinya seuprit. Jadi kebanyakan orang mesannya 2 porsi nasi. Nah, lauknya beraneka ragam. Ada ikan asin, tahu goreng, tempe, jengkol, semur tahu, ati-ampela, sate usus, pepesan, dan lain sebagainya. Di sebuah warung nasi jamblang yang terkenal enak, malah ada daging, udang, dan ayam. Sambel buat nasi jamblang juga cukup khas. Sambelnya merah segar, banyak irisan-irisan kulit cabe merahnya, tapi rasanya nggak pedas. Jadi buat yang suka pedas, memang biasanya lumayan kecewa dengan sambelnya. Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata Jamblang itu adalah nama sebuah kecamatan di Cirebon, tempat asal-muasalnya nasi jamblang.
 

Designed by Simply Fabulous Blogger Templates \ Provided By Free Website Templates | Freethemes4all.com

Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates