21/05/12

Pelajaran dari Sepiring Nasi


Minnie, Daisy, dan Olive sedang makan siang bersama. Setelah ketiganya selesai menghabiskan makanan masing-masing, muncul percakapan berikut ini.

Minnie: “Wah, tumben nih nasi gw habis. Laper banget kali ya. Biasanya selalu ada aja sisanya makanan gw.”

Daisy: “Kalo gw sih emang gak pernah gak habis lho kalau makan. Yang ada di piring, itu yang gw habisin. Kecuali kalo emang udah kenyang banget sampe mau muntah, baru nggak habis.”

Olive: “Kalian waktu kecil dulu makannya gimana? Kayak gini juga?”

Daisy: “Iya, gw dari kecil emang dibiasain untuk ngehabisin makanan, selama apapun gw makan, sekenyang apapun gw.”

Minnie: “Kalo gw emang dari kecil sering nggak habis makannya, tapi dulu ada nyokap gw yang selalu ngehabisin sisa makanan gw.”

Daisy: “Wah, kalo gw kayak gitu, nyokap gw justru malah bilang Liat tuh, anak-anak yang kelaparan di daerah lain. Mereka punya makanan aja, nggak. Kamu tinggal nyuap aja, makanan udah di depan mata, masa' disisain makanannya. Ayo bersyukur sama apa yang ada. Jadi gw akhirnya habisin makanan gw. Yah, lama-lama yang kayak gitu udah jadi kebiasaan. Makanan bekal dari rumah ke sekolah juga tandas, tempat makanannya bersih. Hehehe”

Olive: “Iya, gw juga gitu, Daisy. Nyokap gw malah kadang-kadang bilang gini, ‘Nggak! Ayo habisin! Tadi kan ngambil nasi & lauk sendiri?’ Yaa jadi gw habisin..

Daisy: “Iya, nyokap gw juga kadang-kadang begitu. Galak ya, nyokap kita? Hahaha..”

Olive: “Tapi yang kayak gitu tuh justru ada pelajarannya lho. Ada pelajaran tanggung jawab, komitmen, dan konsekuen.”

Minnie & Daisy: “Wow!”

Olive: “Iya, kalau kita memutuskan sepiring makanan untuk kita makan, ya harus komitmen dengan hal sepiring itu. Tanggung jawab sama porsi makanan yang sudah kita ambil atau kita pesan. Kalau di tengah-tengah tiba-tiba terasa sudah kenyang, ya konsekuensi harus ngehabisin makanan karena porsi itulah yang kita putuskan di awal. Jadi, kali lain kalau ngerasa nggak begitu laper, dia akan ambil porsi makanan yang lebih sedikit. Lama-lama, perilaku bertanggung jawab, berkomitmen, dan konsekuen ini juga akan merambah hal-hal lain.”

Daisy: “Sama satu lagi, pelajaran bersyukur. Bersyukur dan tidak mengeluh dengan apa yang dimiliki.”

Minnie: “Wah, iya juga ya. Nanti kalau gw punya anak, nggak bakalan gw mau ngehabisin sisa makanan dia.”

Daisy & Olive: “Yee.. itu mah emang elonya aja udah kenyang duluan! Hahahaha! 
:p
 

Designed by Simply Fabulous Blogger Templates \ Provided By Free Website Templates | Freethemes4all.com

Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates